Wednesday, 6 November 2024

Koneksi Antar Materi Modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

Pada sesi pembelajaran kali ini, saya sebagai CGP membuat kesimpulan dan mengoneksikan materi yang ada di dalam modul 3.2 dengan materi lainnya selama mengikuti Pendidikan Guru Penggerak dengan pertanyaan pemandu sebagai berikut:


Buatlah kesimpulan tentang apa yang dimaksud dengan ‘Pemimpin Pembelajaran dalam Pengelolaan Sumber Daya’ dan bagaimana Anda bisa mengimplementasikannya di dalam kelas, sekolah, dan masyarakat sekitar sekolah. 

Jawaban

Pemimpin pembelajaran dalam pengelolaan sumber daya adalah individu yang mampu mengidentifikasi, mengelola, dan memanfaatkan aset-aset atau kekuatan yang ada di lingkungan sekolah dan sekitarnya untuk mendukung proses pembelajaran yang berkualitas

Cara mengiplementasikan:

Di Kelas:

  • Menggunakan sarana prasarana yang tersedia secara efektif dan efisien serta memanfaatkan teknologi digital untuk pembelajaran interaktif terutama dari perangkat/gadget yang dimiliki murid sehingga dapat mengarahkan murid untuk menggunakan gadget secara produktif bukan hanya scrolling hal-hal yang tidak bermanfaat dan menyita waktu.
  • Mengoptimalkan kolaborasi guru dan murid dalam melaksanakan suatu kegiatan.
  • Menerapkan pembelajaran berbasis masalah ataupun pembelajaran berbasis projek sehingga dapat meningkatkan kolaborasi dan kemampuan berfikir kritis.
  • Memberikan asesmen yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap secara holistik sehingga dapat meningkatkan keterampilan hard skill dan soft skill murid.

Di Sekolah

  • Memanfaatkan sarana prasarana sekolah secara efektif dan efisien 
  • Memanfaatkan buku-buku baik akademik atau non akademik yang berada di perpustakaan untuk 
  • Berkolaborasi dengan semua anggota sekolah.
  • Memaksimalkan komunitas sekolah dengan visi bersama untuk kemajuan sekolah
  • Menggunakan sumber daya finansial untuk menunjang setiap kegiatan.

Di Lingkungan Masyarakat sekitar Sekolah:

  • Berkolaborasi dengan dengan berbagai instansi masyarakat, lembaga masyarakat, instansi pemerintah.
  • Membangun hubungan dengan komunitas sekitar sekolah
  • Berpartisipasi dalam pengembangan budaya lokal.

Jelaskan dan berikan contoh bagaimana hubungan pengelolaan sumber daya yang tepat akan membantu proses pembelajaran murid menjadi lebih berkualitas

Pengelolaan sumber daya yang tepat dapat meningkatkan kualitas pembelajaran murid dengan memanfaatkan fasilitas yang mendukung proses belajar seperti ruang kelas yang nyaman, laboratorium komputer yang dapat dijadikan sarana dalam mengakses teknologi, lab. kompetensi keahlian yang dapat dijadikan tempat praktik demonstrasi kerja dan mengoptimalkan penggunaan perpustakaan sebagai pendukung sarana pembelajaran murid dalam mengakses informasi baik dari e-book ataupun buku cetak. Lingkungan sekitar sekolah pun dapat dimanfaatkan dengan tepat seperti adanya UMKM sekitar sekolah yang dapat dijadikan sarana belajar mengenai kewirausahaan secara langsung atau nyata.

Berikan beberapa contoh bagaimana materi ini juga berhubungan dengan modul lainnya yang Anda dapatkan sebelumnya selama mengikuti Pendidikan Guru Penggerak

Keterkaitan Modul 3.2 dengan modul 1.1.
Pendekatan berbasis aset/kekuatan yang dipelajari di modul 3.2. akan mendukung terciptanya pembelajaran yang berpihak kepada murid sehingga potensi murid akan tergali secara maksimal dengan memanfaatkan dan memaksimalkan aset atau kekuatan yang ada.

Keterkaitan Modul 3.2 dengan modul 1.2.
Modul 3.2. tentang pemimpin dalam pengelolaan sumber daya akan mendukung peran guru, khusunya peran guru sebagai pemimpin pembelajaran yang akan mewujudkan pembelajaran yang berkualitas dan berpihak pada murid.

Keterkaitan Modul 3.2 dengan modul 1.3.
Modul 3.2. tentang pemimpin dalam pengelolaan sumber daya akan membekali seorang guru untuk memanfaatkan dan memaksimalkan aset yang ada di sekitarnya untuk mencapai visi yang telah dirumuskan.

Keterkaitan Modul 3.2 dengan modul 1.4.
Modul 3.2. tentang pemimpin dalam pengelolaan sumber daya akan mendukung terciptanya budaya positif di lingkungan sekolah dimana semua pihak merasa diberdayakan.

Keterkaitan Modul 3.2 dengan modul 2.1
Pengelolaan sumber daya memungkinkan penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan menyediakan berbagai alat dan materi yang sesuai dengan kebutuhan belajar murid yang beragam

Keterkaitan Modul 3.2 dengan modul 2.2
Pemimpin yang bijaksana dalam mengelola sumber daya mendukung pembelajaran sosial emosional dengan menciptakan lingkugan belajar yang aman dan mendukung perkembangan emosional murid.

Keterkaitan Modul 3.2 dengan modul 2.3
Dalam pengelolaan sumber daya, coaching dapat digunakan untuk memberdayakan guru lain dalam mengoptimalkan potensi dan sumber daya yang tersedia untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan menyelesaikan permasalahan yang dihadapi dengan memanfaatkan sumber daya yang ada.

Keterkaitan Modul 3.2 dengan modul 3.1
Pengelolaan sumber daya yang tepat didasarkan pada keputusan yang mempertimbangkan nilai-nilai kebajikan, seperti keadilan dan kebijaksanaan yang bermanfaat untuk semua pihak.


Ceritakan pula bagaimana hubungan antara sebelum dan sesudah Anda mengikuti modul ini, serta pemikiran apa yang sudah berubah di diri Anda setelah Anda mengikuti proses pembelajaran dalam modul ini.

Sebelum mempelajari modul 3.2. saya belum paham tentang pendekatan-pendekatan yang digunakan untuk merencanakan suatu kegiatan. Saya juga belum paham tentang pembagian aset yang terdiri atas 7 modal utama. Saya juga tidak menyadari tentang banyaknya aset yang dapat dimanfaatkan serta dioptimalkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran tentunya hal ini merubah cara pandang saya yang sebelumnya banyak melihat kekurangan dari apa yang ada di  sekolah menjadi berusaha menemukan dan memaksimalkan peluang serta aset yang ada untuk peningkatan kualitas pembelajaran dan perubahan cara pandang ini membuat saya lebih optimis, proaktif dan kreatif dalam merencanakan pembelajaran yang berkualitas dan memberikan semangat baru untuk mencapai visi sekolah dan melakukan prakarsa perubahan.



7 comments:

  1. Masya Allah...Barakallahu ilmunya...semangat dan tetap berkarya....

    ReplyDelete
  2. bagus tulisannya....semoga kita selalu dapat melihat kekuatan atau aset yang ada di sekolah kita...

    ReplyDelete
  3. Materinya mudah di fahami,terus berkarya bu🥰

    ReplyDelete
  4. Pemaparannya lengkap dan jelas, semangat Bu ia....

    ReplyDelete
  5. Pemaparan mudah dipahami, menarik, keren Bu ia

    ReplyDelete