Monday, 1 August 2022

Dasar-Dasar MPLB Part 2

 Pengertian Layanan Bisnis 

Layanan bisnis merupakan proses pemberian layanan kepada pelanggan/konsumen baik yang bersifat materi maupun non materi untuk pemenuhan kepuasan pelanggan

Pengertian Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis

merupakan penerapan fungsi manajemen dalam proses pemberian layanan kepada pelanggan/kolega untuk mencapai kepuasan pelanggan dalam memenuhi kebutuhannya.

Jenis Layanan Bisnis

1. Jenis layanan berjalan 

merupakan pelayanan terhadap pelanggan yang dilakukan bertemu langsung secara fisik dengan pelanggan. Customer/pelanggan harus datang ke kantor customer service(CS) dan menyampaikan keluhannya atau kebutuhannya. 

2. Layanan Pelanggan Melalui Email dan Telepon

Perkembangan bisnis sekarang ini sudah masuk dalam era digitalisasi. Untuk menghemat biaya dan menerapkan layanan pelanggan virtual, tren yang sekarang ini digunakan untuk layanan pelanggan adalah dengan menggunakan layanan call service dan email untuk memudahkan penyampaian keluhan. Seperti contoh layanan pelanggan PLN, Telkom dan layanan pembelian online.

3. Layanan Melalui Livechat 

merupakan jenis layanan yang secara langsung dapat dilakukan berupa obrolan yang telah dipersonalisasi antara customer dan departemen layanan (CS). Livechat bisa membuat percakapan dan keterlibatan secara langsung atau real- time. Pelanggan dengan zona waktu berbeda tidak perlu menunggu jam kerja untuk menyampaiakan keluhan, sebab livechat menwarkan aksesibilitas sepanjang waktu.

4. Layanan self-service.

Jasa layanan mandiri merupakan departemen customer service yang memberikan pelayanan lebih instan, ramah dan akurat, pelanggan mampu menyelesaikan masalahnya sendiri. Keunggulan dari jenis layanan seperti ini dilihat dari pelanggan adalah solusi terhadap masalah yang dihadapi dapat ditentukan oleh pelanggan itu sendiri.

5. Layanan pelanggan melalui komunitas dan forum.

Komunitas dan forum adalah kanal layanan pelanggan yang dibangun oleh pengguna jasa layanan/produk. Untuk penggunaan layanan ini sebuah bisnis/usaha harus mampu menciptakan pengikut dan komunitas yang lebih besar berdasarkan brand yang mereka miliki. 

Jenis Bisnis

1. Berdasarkan jenis aktivitasnya:

  a. Bisnis Ekstraktif 
        adalah aktifitas bisnis yang penggerakannya di bidang pertambangan dengan melakukan penggalian bahan- bahan tambang yang ada di dalam dan terkandung di perut bumi. seperti batu bara, emas, besi, intan, dll
            
 b. Bisnis Agraris 
        adalah kegiatan bisnis yang pergerakannya pada bidang pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan dan kehutanan. 

 c. Bisnis Industri merupakan usaha dalam bidang industry manufaktur yang memproduksi barang.
    
 d.  Bisnis Jasa adalah aktivitas usaha yang menghasilkan produk tidak dalam bentuk fisik.

2. Berdasar kegunaannya: 

  a. Form Utility (kegunaan bentuk)
adalah bisnis yang berupaya mengubah suatu benda menjadi benda lain dengan bentuk yang tidak sama sehingga lebih bermanfaat untuk manusia, seperti meubel, garment dan lain sebagainya   
                
  b. Place utility ( kegunaan Tempat ) 
merupakan bisnis yang menjalankan pemindahan suatu barang dari satu tempat ke tempat lain sehigga memiliki manfaat lebih.

 c. Time Utility (kegunaan waktu) 
adalah bidang bisnis yang memberikan manfaat waktu terhadap keberadaan suatu barang seperti peti kemas

d. Posisesion Utility (kegunaan pemilikan) 
merupakan jenis usaha untuk membuat atau memenuhi kegunaan pemilikan pada suatu barang atau jasa. Seperti pertokoan, perdagangan atau jual beli. 

3. berdasarkan motifnya 
dapat dikalsifikasikan menjadi dua yakni bisnis berorientasi yang merupakan bidang bisnis yang berorientasi pada keuntungan/profit dan bisnis tidak berorientasi merupakan bidang bisnis yang berorientasi pada nirlaba seperti contoh yayasan, organisasi social, lembaga swadaya masyarakat dan lainnya.


4. Berdasarkan bentuknya 
berbadan hukum seperti  PT, Yayasan, Koperasi dan sejenisnya serta bisnis yang tidak berbadan hukum seperti firma, CV 


Tujuan Bisnis

a.   Ingin memenuhi berbagai macam kebutuhan hidup.
b.   Untuk menambah kesejahteraan dan kemakmuran keluarga.
c.   Untuk memenuhi kebutuhan pencitraan diri maupun usahanya agar semakin dikenal dimasyarakat.
d.   Untuk     mempertahankan     kelangsungan     usaha     sehingga     mampu terus berdiri/berjalan.
e.   Adanya operasional dalam kegiatan
f.  Usaha yang dijalankan secara mandiri mampu menopang kebutuhan sendiri
g. Tujuan lain dari penyelenggaraan bisnis untuk memperoleh simpati atau pencitraan.


Manfaat Bisnis
a. memperoleh penghargaan atau pengakuan
b. kesempatan menjadi bos untuk diri sendiri
c. Menggaji diri sendiri
d. Masa depan lebih cerah


No comments:

Post a Comment