Tuesday, 26 July 2022

Dasar-Dasar MPLB Part 1

Pengertian Kantor

Secara statis yaitu tempat kerja, ruang kerja biro, markas, instansi, badan, perusahaan maupun tempat menyelenggarakan kegiatan pengumpulan, pencatatan, pengolahan, penyimpanan serta pendistribusian data/informasi

Secara dinamis yaitu proses-proses dalam penyelenggaraan kegiatan seperti pengumpulan, pencatatan, pengolahan, penyimpanan maupun pendistribusian data


Fungsi Kantor

1. Fungsi Utama Kantor

    a. Menerima informasi baik internal maupun eksternal

    b. merekam informasi

    c. mengelola informasi

    d. mendsitribusikan informasi

2. Fungsi Pendukung

    a. Melaksanakan fungsi manajemen (Planning, Orgaizing, Actuating, dan Controlling)

    b. Merancang sistem dan prosedur kantor

    c. Mengendalikan formulir kantor

    d. Mengendalikan karyawan kantor

    e. Menjamin ketersediaan alat tulis kantor

    f. Menjamin ketersediaan peralatan, furniture, dan mesin kantor

    g. Menjamin keamanan aset

    h. Melaksanakan humas


Pengertian Manajemen Perkantoran

Manajemen Perkantoran merupakan proses merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi aktivitas kantor dalam mewujudkan kantor sebagai penyedia layanan informasi dan komunikasi untuk membantu pencapaian tujuan organisasi secara efektif dan efisien


Asas-Asas Manajemen Perkantoran

    a. Asas sentralisasi (semua pekerjaan dipusatkan pada satu bagian tersendiri, biasanya jenis 

        pekerjaan yang bersifat umum, seperti tata persuratan , pengeloaan dokumen dan informasi.

    b. Asas Desentralisasi (asas yang membagi jenis kegiatan kantor ke dalam beberapa bagian/unit 

        kerja. Masing-masing bagian atau unit kerja menangani jenis pekerjaan yang berbeda.

    c. Asas Dekonsentralisasi (gabungan dari asas sentralisasi dan desentralisasi)

1 comment:

  1. https://deaahavitri.blogspot.com/2022/07/dasar-dasar-mplb-part-1.html?m=1

    ReplyDelete